Tuesday, 9 July 2019

CONTOH RPP PAK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) NO 1

Satuan pendidikan             :  SD YPK SENTANI
Kelas / semester      :  V / 1
            Pelajaran 1              :  Mengapa Manusia Berdosa
           Alokasi waktu         :  4 x 35 menit

A.   KOMPETENSI INTI
KI 1                        : Menerima , menjalankan, dan menghargai ajaran yang dianutnya
KI 2           : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin , tanggung jawab,santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3           : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya , mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah , di sekolah dan tempat bermain
KI 4         : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas , sistematis, logis dan kritis , dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencermikan anak yang sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perlilaku anak beriman dan berahlak mulia

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN

KOMPETENSI DASAR
INDOKATOR PEENCAPAIAN
1.1   Meyakini bahwa manusia berdosa  sehingga perlu bertobat
2.1 Menunjukkan sikap sebagai orang yang sudah bertobat
3.1 Memahami bahwa semua manusia berdosa sehingga perlu bertobat

4.1 Menyajikan contoh cara hidup manusia yang sudah bertobat

1.1.1     Menjelaskan mengapa manusia berdosa
 2.1.1   Menyebutkan penyebab manusia jatuh ke dalam dosa
 3.1.1  Mendaftarkan tindakan yang perlu dilakukan agar tidak jatuh ke dalam dosa
4.1.1 Mentakan tekat untuk tidak melakukan dosa dengan menyanyikan  lagu Rohani dan menuliskan pesan lagu tersebut

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
-          Memberi gambaran kepada siswa mengenai kejatuhan manusia ke dalam Dosa
-          Setelah pembelajaran siswa memahami dan mengetahui dampak dari perbuatan dosa


D.     MATERI
-          Kejatuhan Manusia ke dalam dosa

E.    METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Discovery dan Inquiry based learning
Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


F.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi
waktu

MINGGU I

Pendahuluan
1.   Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali    pembelajaran
2.    Mengecek kesiapan siswa
3.    Literasi
4.    Menginformasikan topik yang akan dipelajari “ Mengapa manusia Berdosa
15
menit
Inti
1.  Guru menanyakan  kepada peserta didik apakah semua orang berdosa dan mengapa manusia jatuh ke dalam dosa ?
2.  Siswa mendalami cerita Alkitab dalam Kejadian 3
3.  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
4.  Siswa berdiskusi tentang penyebab manusia jatuh ke dalam dosa dan dampak dari perbuatan dosa
250
menit

MINGGU II


1.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi
2.    Guru mengeksplorasikan lebih jauh mengenai topik mengapa manusia berdosa
3.    Siswa dalam kelompok mendeskripsikan sikap dan tindakan yang perlu dilakukan agar manusia terlepas dari perbuatan dosa

Penutup
1.  Bersama-sama siswa membuat simpulan
2.  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari guna mengetahui ketercapaian materi
3.  Mengajak siswa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
·         Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara melafalkannya dsb)
·         Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang baik sikapnya dalam berdoa, maka setelah selesai kegiatan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.
4.   Menyanyikan lagu pujian penutup.
Kidung Ceria 231 Di muka Tuhan Yesus
1.    Di muka Tuhan Yesus , betapa hina diriku
Kubawa dosa-dosaku , di muka Tuhan Yesus
2.    Di muka Tuhan Yesus, tersungkur karna dosaku
Kubuka kerinduanku, di muka Tuhan Yesus
3.    Di muka Tuhan Yesus , kuinsaf kesalahanku
Bertobat kini hatiku di muka Tuhan Yesus



G. SUMBER DAN MEDIA
·         Kurikulum tahun 2013
·         Alkitab Kejadian 3
·         Buku guru dan buku siswa Pendidikan agama Kristen dan Budi pekerti Kelas 5
·         Modul Bahan ajar Pendidikan agama Kristen





H.   PENILAIAN
                                   

                                                                                                           
      Mengetahui
      Kepalasekolah





      Juli  2019
      Guru  Mata Pelajaran




    
















KUMPULAN SOAL SBK


A.     PILIHAN GANDA

1. . Lukisan, hiasan dinding dan fotho adalah karya seni  . . . .
       a.  murni                                                 c.  semu
       b.  terapan                                                          d.  maknawi

2. Gambar di bawah ini menceritakan tentang  . . . .
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSnprw1eI1UWTnjRg7ymxtLqYo9bNeNIt61v68yn4vlRaMaEPHbouFGAV_d9LvG5esWHp_LORcIkmdgcHA7oEldTdLl5wmk4RMr1WWNyRfGtgUbsQFGFxqOz4UWRqEmaduH3GEpframMI/s1600/Gambar_pantai_bali_dreamland.jpg       a. suasana di pasar
       b. suasana di pantai
       c. suasana di desa
       d. suasana di kota


3. Lagu wajib “  Bagimu Negeri “ berbirama . . . .
       a.  2/4                                                      c. 4/4
       b.  3/4                                                       d. 6/8 
4. Alat musik inidimainkan dengan cara . . . .
  1. Dipukul        
b.    Digesek
  1. dipetik
d.    ditiup
5. Pementasan  tari ”Kuda lumping ” menggunakan musik    pengiring . . . .
a. dram band                                                       c.  tamborin, rebana
b. gamelan, terompet                                        d.   tifa, gitar  
6. Perhatikan gambar!Bahan yang dapatdigunakanuntukmembuatmainanberoda

adalah . . ..
a.    kulitmangga
b.    kulitnangka
c.  kulitjeruk Bali
d.  kulit durian
7. Rebana, tifa,kentongan adalah jenis alat musik . . . .
a. melodis                                                           c. ritmis
b. tiup                                                      d. gesek
8. Lagu wajib “ Syukur “ di ciptakan oleh . . . .
      a. Kusbini                                                c. H. Murtahar
      b. Ibu sud                                                d. L. Manik
9. Alat musik “ tifa, kendang “ memainkannya dengan cara . . . .
      a. tiup                                                       c. pukul                     
      b. petik                                                     d. gesek
10. Suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan, dan menawarkan produk adalah . . . .
a.  Iklan                                                    c. reklame
b.  Spanduk                                                        d. baliho. .
11. Contoh jenis lagu anak- anak adalah . . .  .
      a.  Syukur  dan Garuda Pancasila                
      b.  Jembatan Merah  dan  Bengawan solo
c.  Soleram dan Simafi
d.  menanam Jagung dan Cicak

12. Perhatikan gambar! Gambar di bawah ini merupakan alat untuk membatik namanya adalah . . . .
      a.canting
      b.pensi
      c.kuas                                                                  
      d.bolpoin
13.Perhatikangambar !Kerajinanmeroncebahan yang digunakandarihasillautadalah . . . .
a.    Manik-manik
b.    Bijibuah
c.    Batu- batuan
d.    Kulit kerang



14.Jawaban di bawah ini yang merupakan alat musik   ritmis adalah . . . .
       a.  tamborin dan gitar                           c. organ dan seruling
       b. pianika dan piano                            d. tipung dan tifa
15. Perhatikan gambar! Gambar di bawah merupakan hasil kreasi  kerajinan . . . .
  1. tempat tisu                    
  2. lap tangan
  3. tempat  air
d.      tempat barang  

16. Jenis  permainan yang dapat digerakkan oleh tali adalah . . . .
a. topeng                                                            c. gangsingan
b. ketapel                                                            d. hola hup
17Hasil kerajinan tangan noken dan tifa berasal dari daerah . .. .
        a. Jawa                                                  c. Papua
        b. Maluku                                              d. Sulawesi

18.Perhatikan gambar! Contoh hasil karya seni rupa  murni adalah . . . .
a.    terapan
      b.  murni
      c.  maknawi
      d. semu
19.Namaalatmusiktradisional di bawahiniadalah .. . .
a.   
angklung
b.    kulintang
c.    Tamborin
d.    Kendang
20Jenis alat musik melodis memainkannya dengan cara di tiup adalah . . . .
      a. tifa dan kendang                               c. organ dan gitar
      b. seruling dan terompet                       d. gitar dan piano
21. Perhatikan gambar.!
Hasil kerajinan meronce di samping,  bahan dan alat yang digunakan adalah . . . .
a.Jarum , batu, nilon
b.Jarum, manik-manik, kain
c.Jarum, nilon, kelereng
d.Jarum,manik-manik,nilon

22. Perhatikan gambar!  Tari “ Perang “ menggambarkan jiwa. . . .
a. kepahlawanan                         
b.kelincahan
c.kdukaan
d.kesedihan

23Warna pokok untuk menggambar ada 3 macam adalah . . . .
 a.  hitam, kuning dan hijau           c.  merah. kuning dan coklat
       b.  merah, kuning dan birud.  merah, kuning dan ungu

 

24 1    .   2     3     4      5     .3       1    .6     .  1    7     6    5  . .   .
Not di atasmerupakanpenggalanlaguwajib yang berjudul . . . .
  1. Halo-halo Bandung                        c.  Ibu Kita Kartini
b.    Garuda Pancasila                            d  Syukur
25. Salah satu lagu daerah Jawa  adalah . . . .
a.    Soleram                                             c. Ayo Mama  
b.    Injit-injit Semut                                 d. Gundul-gundul Pacul 
26.Gambar di bawahini.PerlengkapantaridariJawaadalah . . . .

a. keris
b.parang
c. sabit
d. badik
27.Lagu daerah  “Soleram “ berasal  dari . . . .
a.Maluku                                    c. Sumatera
b.Jawa                                        d. Sulawesi

28. Perhatikan gambar!
  Nama alat musik tradisional di bawah ini adalah .. . .

  1. angklung
  2. kulintang
  3. tamborin
  4. kendang
29. Perhatikan gambar! Tari daerah Jawa Tengah pada gambar  tersebut menggambarkan  gerakan . . . .    
  1. menyembah
  2. merias diri
  3. melihat
d.    berdoa

30. Kerajinan patung dari Papua yang terkenal hingga luar negeri   berasal dari . . . .
a.Sorong                                                 c. Manokwari                 
b.Wamena                                              d. Asmat
31. Bahanuntukmembuattasnokenberasaldari . .  . .
a. benangnilon                                             c. benangsulam
      b. benang wool                                      d. benang jahit
32.Perhatikan gambar!   Topeng di bawah ini  berkarakter . . . .

a.Topeng tertawa
b.Topeng  marah
c.Topeng  menangis
d.Topeng sedih


33.  Gambar di bawah ini  merupakan contoh jenis motif hias  dari daerah . . . .
a.  Maluku            
b. Papua
c.  Jawa
d. Kalimantan


34.Lagu” Yamko Rambe Yamko” berasal dari daerah . ..  .
  1. Papua                                                c.  Maluku
b.    Sulawesi                               d. Sumatera    
35. Perhatikan gambar!
      Gerak tari Yosim Pancar mengutamakan gerakan . . . .
a. kaki
b. kepala
c. bahu
d. pinggul



Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan  singkat dan tepat !

1. Apa yang dimaksud alat musik melodis ?
2. Jelaskan pengertian seni rupa terapan ?
3 .Tuliskan 2 macam bahan yang alami untuk anyaman !
4 .Sebutkan 3 jenis tarian  tradisional / daerah !
5. Sebutkan 2 macam alat musik memainkanya dengan cara ditekan / dipejet !